Mengetik Pakai Mouse

Mengetik Pakai Mouse 


Sekedar membagi info dan pengetahuan kecil-kecilan. Kita pasti tahu kalau segala hal ada manfaat ataupun gunanya. Begitu pula fungsi-fungsi tertentu di komputer / windows kita, banyak sekali icon-icon ataupun program-program yang tersedia tetapi kita tidak tahu apa gunanya sehingga tidak pernah menggunakannya ataupun tidak menyadarinya sama sekali.

Mengetik menggunakan keyboard sudah sering, tapi kalau mouse? Mari kita lihat..

Info ini dimaksudkan apabila tiba-tiba keyboard komputer/laptop anda errorrr,  tidak bisa digunakan, atau hilang/dicuri padahal lagi dibutuhkan sekali.. (pernah di kampus juga begitu)


Atau sekedar iseng (seperti saya misal malas pake tangan)..

Menggunakan On-Screen Keyboard

Untuk itu kita menggunakan apa yang dinamakan On Screen Keyboard (OSK) yang telah ada di windows jadi tidak perlu mendownloadnya..



Caranya:

START > ALL PROGRAMS > ACCESSORIES > ACCESSIBILITY > ON SCREEN KEYBOARD



Atau

Buka folder drive C > Windows > System32 > Osk.exe



Atau

START > RUN > Ketik “OSK” > ENTER



(kan ga ada keyboard, gimana ngetik OSK? Bisa dengan buka dokumen anda dan curi huruf O, S dan K ^^)


Mengetik dengan mouse mungkin terdengar aneh dan sulit dipercaya bagi sebagian orang. Namun, ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin perlu menggunakan mouse untuk mengetik, seperti ketidakmampuan menggunakan keyboard atau kurangnya akses ke keyboard. 

Menggunakan Alat Bantu Tertentu


Selain On-Screen Keyboard, ada beberapa alat bantu yang dapat digunakan untuk mengetik dengan mouse. Alat ini dirancang khusus untuk membantu orang-orang yang tidak dapat menggunakan keyboard dengan baik, seperti orang yang menderita kelumpuhan atau kelemahan otot. Beberapa alat bantu ini meliputi:

HeadMouse

HeadMouse adalah alat bantu yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol mouse dengan gerakan kepala. Alat ini dapat membantu orang yang tidak dapat menggunakan tangan atau lengan untuk menggerakkan mouse.

FootMouse

Seperti namanya, FootMouse adalah alat bantu yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol mouse dengan menggunakan kaki. Alat ini dapat membantu orang yang tidak dapat menggunakan tangan atau lengan untuk menggerakkan mouse.

Eye-Tracking Software

Alat bantu ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol mouse dengan gerakan mata. Pengguna dapat menggerakkan kursor dengan melihat ke arah yang diinginkan pada layar. Alat bantu ini sangat berguna bagi orang yang tidak dapat menggunakan tangan, lengan, atau kaki untuk menggerakkan mouse.

Kekurangannya:


Lama. Anda hanya bisa mengetik huruf per huruf jadi sangat lama dan harus sabar.

Tidak praktis. Ini bukan ditujukan untuk mencapai keefisiensi dalam mengetik, bagaimanapun juga keyboard dibuat agar lebih memudahkan kita.


Kelebihan:


Subtitusi. Jika keyboard sedang error atau hilang.

Terpaksa. Jika anda sedang dalam keadaan benar-benar tidak bisa menggunakan salahsatu tangan untuk mengetik.

Iseng. Digunakan untuk sekedar main-main karena malas menggunakan tangan ataupun ingin mencoba hal yang beda.

Namun, meskipun mengetik dengan mouse memang memerlukan waktu lebih lama dan lebih rumit daripada mengetik dengan keyboard, masih ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari metode ini.

Pertama, mengetik dengan mouse dapat membantu memperbaiki posisi tubuh dan mengurangi risiko cedera terkait penggunaan keyboard. Seringkali, ketika kita mengetik dengan keyboard, kita mungkin terjebak dalam posisi duduk yang sama dan cenderung menggunakan jari dan pergelangan tangan dengan gerakan yang monoton. Akibatnya, kita bisa mengalami ketegangan dan cedera pada bagian-bagian tertentu dari tubuh kita.

Kedua, mengetik dengan mouse juga dapat membantu mengembangkan kecepatan dan akurasi dalam penggunaan mouse. Dalam banyak situasi, seperti saat bekerja dengan dokumen atau spreadsheet, kemampuan untuk mengklik dan mengetik secara efisien dengan mouse dapat meningkatkan produktivitas.

Sekian info dasar tentang pendayagunaan program-program dalam komputer. Semoga bermanfaat. Demikian..

Salam cerdas negeriku..

Tag: Mengetik dengan mouse, keyboard error, mengetik tanpa keyboard


Next Post Previous Post
1 Comments
  • Suchmaschinen Optimierung
    Suchmaschinen Optimierung 16 Februari 2013 pukul 22.56

Add Comment
comment url